Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 19 September 2014

Tahun Ajaran Baru, Pedagang Buku Ketiban Berkah

Tidak ada komentar :
KISARAN|SUMUT24
Setiap memasuki tahun ajaran baru, bisa dipastikan kebutuhan anak sekolah meningkat. mulai dari seragam, buku, alat tulis, dan perlengkapan lainnya. Hal ini tentu berimbas langsung pada pelaku usaha yang ketiban berkah, lantaran banyak yang memburu perlengkapan sekolah yang baru.
Seperti yang dialami seorang pedagang buku di Pasar Inpres Kisaran, Afif Siregar. Dirinya mengaku bahwa setiap tahunnya ia selalu berjualan buku dikawasan itu menjelang tahun ajaran baru untuk memenuhi kebutuhan anak sekolah. Warga Kisaran ini juga mengaku bahwa penjualannya laris.

 “Selain karena tahun ajaran baru, menjadi pemicu meningkatnya permintaan buku tulis. Karena semua bukunya harus ganti. Ini sudah banyak yang habis,” ungkapnya saat ditemui SUMUT24, Selasa (1/7).
Berdasarkan tahun tahun sebelumnya, dalam satu hari ia dapat menjual buku tulis sebanyak 50 pak, namun kalau tidak menjelang ajaran baru hanya 5-10 pak per hari. Untuk harganya pun, dijualnya bervariasi yaitu dari Rp10 ribu hingga Rp50 ribu per paketnya.
Hal yang sama juga diutarakan pedagang lain, Haris. Menurutnya, pendapatan dalam sehari untuk saat ini berkisar Rp 500 ribu per hari. Beda jika  tidak menjelang tahun ajaran baru hanya mendapat Rp100 ribu.  
Namun, kata dia, pelonjakan penjualan dapat terjadi saat hari libur yaitu Sabtu dan Minggu. ”Pada hari itu, para orang tua menyempatkan waktunya untuk membeli perlengkapan sekolah anak berupa alat-alat tulis," kata Haris. 
Dalam penjualan buku ini, jelas dia, tidak menaikan harga kepada pembeli, namun dari pihak penyalur (agen) mengalami peningkatan harga sekitar Rp2 ribu. “Belum terlalu tinggi tingkat pembeliannya,” tambah dia.
Walaupun untuk tahun ajaran baru 2014, jadwal Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sekolah di Kabupaten Asahan akan dimulai pada 7 Juli bertepatan dengan bulan ramadhan, para orang tua siswa nampaknya lebih memilih perlengkapan sekolah dari pada perlengkapan lebaran. Seperti halnya diungkapkan salah seorang pembeli dipasar inpres Kisaran.
“Puasa dan masuk sekolah datang dibulan yang sama, sepertinya memborong perlengkapan sekolah dulu lah untuk anak ketimbang persiapan lebaran” ucap Upik salah seorang pembeli di pasar Inpres Kisaran.  (Bens/Her)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar